Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Fillet Ikan & Cara Memfillet Ikan gurame, nila, lele dll

Cara fillet ikan - bagi anda yang belum tau apa itu fillet ikan kami akan memberitahukannya kepada anda cara memfilet ikan dan cara membuat fillet ikan yang benar khususnya bagi anda yang gemar memasak masakan dengan bahan dasar ikan segar, baik memfilet ikanmerupakan proses serta cara melepaskan ikan dari tulang dan kulit, dengan demikian didapatkan daging segarnya saja yang bisa diolah menjadi berbagai masakan dengan bahan ikan tersebut.
cara fillet ikan
cara fillet ikan
Terdapat berbagai macam jenis resep masakan yang memerlukan ikan untuk difillet diantaranya adalah berikut ini:
  • fillet ikan kakap merah.
  • ikan fillet goreng tepung.
  • kakap goreng tepung.
  • fillet ikan.
  • fillet kakap asam manis.
Simak juga: Resep dan Cara Membuat Ikan Gurame Bakar

 Cara fillet ikan & cara memfillet ikan gurame, nila, lele dan sebagainya

1. langkah pertama yaitu memotong kepala. Posisikan pisau di belakang sirip pada dada ikan, potong diagonal kebawah, lakukan di kedua sisi ikan.

2. Buang Bagian Ekor. Posisikan pisau di bagian pangkal ekor, potong lurus kebawah.

3. Filet Tubuh Ikan. Mulai dengan bagian pangkal kepala ikan, tekan dan potong melalui tulang sampai bagian ekor. Potong sekitar tulang rusuk untuk memisahkan fillet.

4. Kemduian Potong Bagian Pinggir. Potong bagian pinggiran hasil filetan untuk membuang bagian pinggiran perut dan punggung ikan.

5. Membuang Kulit Ikan. Mulai dari ujung bagian ekor ikan, iris antara kulit dan daging, tahan bagian kulit, gerakkan pisau menyisir bagian filet hingga ke bagian pangkal kepala ikant tersebut.
 Selanjutnya baca juga: Cara membuat bakso ikan
 Demikianlah beberapa tips singkat cara fillet ikan, semoga anda sekarang mengetahui caranya dengan benar dan dianjurkan untuk menggunakan pisau tajam agar dapat diperoleh hasil filet ikan yang tepat dan halus serta pakailah sarung tangan agar lebih aman.