Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Cara Membuat Es Kacang Merah Spesial

Kacang merah adalah satu dari sekian keluarga kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein, vitamin B6,serat dan berbagai senyawa aktif. kacang merah ini bisa kita simpan pada kondisi kering namun tidak efektif sebab bisa bisa kandungan alami kacang itu bisa berkurang, dibutuhkan waktu lebih lama untuk memasak kacang merah kering dibanding dengan merebusnya.

Resep Cara Membuat Es Kacang Merah Spesial

Mungkin anda pernah mencoba es kacang merah, baik tidak semua para pembaca pernahmencobanya jadi bagi yang belum tau es kacang merah merupakan hidangan pencuci mulut yang sehat dan menyegarkan. Baik langsung saja kita simak resep es kacang merah dibawah ini.

Resep Cara Membuat Es Kacang Merah Spesial

Bahan-bahan:
o Setengah sendok teh vanilli bubuk
o Dua sendok makan gula merah yang telah disisir halus
o Satu sendok makan coklat bubuk yang telah dicairkan dengan 100 ml air
o Siapkan 200 gram kacang merah kering
o Satu liter air
o Setengah sendok teh garam
o Empat sendok makan gula pasir
 Baca juga: Resep Cara Membuat Es Kelapa Muda
Resep es kacang merah untuk bahan pelengkap:
o Lengkapi es kacang merah dengan es batu secukupnya
o Serta susu kental manis

Bahan kuah:
o Untuk bahan kuahnya, Anda membutuhkan 300 ml santan yang kental atau jika tidak ada cukup dengan menggunakan susu cair saja
o Dan juga sediakan satu sendok makan tepung maizena

Cara Membuat Es Kacang Merah

1. Rendamlah kacang merah di dalam air sampai semua bagian kacang merahnya terendam, diamkan selama satu malam penuh sampai kacang merah mengembang dan menjadi lebih empuk, lalu didihkan dua liter air di dalam panci lantas masukkan kacang merah dan resbus sampai kacang merah matang dan benar-benar empuk.
2. Tambahkan gula, vanilla bubuk dan garam, aduk hingga rata dan masak sampai gula pasirnya meresap dengan baik dan kuahnya menyusut.
3. Masukkan santan atau susu cair kedalam panci, kemudian dalam mangkuk kecil, larutkan tepung maizena dengan menggunakan santan atau susu cair sampai tepung maizena larut.
4. Kemudian masukkan larutan tepung maizena tersebut ke dalam kuah susu cair atau santan, baru kemudian hidupkan kompor dan didihkan santan hingga santan mengental. Dianjurkan untuk terus menerus mengaduk santan selama proses memasak, tujuannya agar santan tidak pecah.
5. Apabila semua bahan siap sedia, Anda hanya perlu menyusun semua bahan kedalam mangkuk saji saja.
6. Langkah pertama kita siapkan sebuah mangkuk saji, lalu masukkan beberapa sendok makan kacang merah serta saus coklat rebusannya, lanjutkan dengan menuangkan kuah dan menambahkan es batu yang telah diserut di atasnya. Siram es batu serut dengan susu kental manis dan es kacang merah pun siap untuk dinikmati.
Simak juga: Cara Membuat Es Doger
Itulah Resep Cara Membuat Es Kacang Merah Spesial yang bisa anda bikin sendiri di rumah, coba anda buat es kacang merah yang rasanya lezat ini jadi minuman ini cocok dijadikan sebagai hidangan pencuci mulut yang segar, semoga panduan singkat ini dapat membantu anda, sekian dan terimakasih.