Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apakah Baking Powder Sama dengan SP

Pada kesempatan ini kita bahas apakah baking powder sama dengan sp yang cocok bagi anda yang ingin membuat kue. tidak sedikit orang yang belum mengerti berbagai istilah bahan bahan membuat kue misalnya baking powder, SP dan sebagainya oleh karena itu agar dapat mengetahuinya maka mari kita mempelajari apa fungsi dari bahan-bahan tersebut.
Apakah baking powder sama dengan sp
Apakah baking powder sama dengan sp

Apakah baking powder sama dengan sp?

Baking Powder (DOUBLE – AKTING )
Baking powder adalah bahan pengembang. Baking powder berguna untuk dapat mengembangkan kue atau cake. 
Baking powder terdiri atas 2 jenis yaitu single-acting baking powder dan double-acting baking powder.
Single-acting baking powder diaktifkan oleh suatu cairan, jadi anda harus segera memanggang/mengukus adonan segera sesudah bahan-bahan dicampurkan apabila menggunakan jenis baking powder yang ini karena begitu bertemu dengan adonan akan langsung bereaksi membentuk semacam gelembung gas.
Double-acting baking powder bereaksi dalam 2 tahap serta dapat bertahan untuk beberapa saat menunggu adonan di panggang atau dikukus. Kesimpulannya jika oven anda terbatas tempatnya sementara kita harus memanggang atau mengukus cake dalam jumlah banyak, maka dari itu gunakan double-acting baking powder agar kue atau roti kamu tetap mengembang dengan baik walaupun masih banyak antrian loyang yang harus masuk ke dalam oven.
SP
Fungsi dari SP tidaklah jauh berbeda dengan ovalet atau TBM yaitu membuat adonan menjadi homogen dan tidak mudah turun saat dikocok atau biasa di sebut cake emulsifier. Biasanya digunakan untuk cake, bolu atau kue-kue lain yang menggunakan teknik telur dikocok hingga mengembang kaku.
Sifatnya melembutkan tekstur cake serta membuat adonan lebih menyatu. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam pembuatan cake, karena hasil pengocokkan adonan bisa lebih stabil, sehingga hasilnya lebih maksimal.
 Jadi kesimpulan dari pertanyaan apakah baking powder sama dengan sp maka jawabannya adalah berbeda karena fungsi dan kegunannya juga beda, silakan baca lagi penjelasan antara baking powder dan SP diatas, jadi baking powder itu untuk mengembangkan kue sedangkan SP untuk membuat adonan tidak turun ketika dikocok.